Beranda
  • header2
  • header
  • header3

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan terus berupaya untuk dapat mencapai targetnya meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Pasalnya, selama ini Kota Pekanbaru hanya bisa meraih predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Wilayah Riau.

Sebagaimana disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset dan Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru, Bustami HY kepada DARIRIAU.com, Selasa (7/10) di ruangannya. 

Dikatakannya, BPKAD yang statusnya baru dileburkan menjadi satu dari Bidang Perlengkapan dan Bidang Keuangan akan terus berupaya agar Pemko Pekanbaru meraih predikat WTP.

"Kita ini selalu berusaha mengelola keuangan dan aset daerah itu dengan baik sesuai amanat undang-undang. Dan harapan semua daerah termasuk Kota Pekanbaru ingin meraih status Wajar Tanpa Pengecualian. Kita berusaha hingga berjenjang ketingkat WTP, itu harapannya," terang Bustami HY.

Disebutkannya, untuk melakukan upaya pembenahan itu, dimulai dari tata kelola keuangan yang harus diperbaiki, baik dari segi penanganan aset maupun masalah penataan administrasi keuangan yang saat ini diperbaiki, bahkan pihaknya telah bekerja sama dengan pihak Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan pengapusan aset yang barangnya sudah tidak ada lagi.

"Langkah-langkah itu yang akan kita lakukan, sehingga kita bisa meminimalisir temuan-temuan yang disarankan BPK, kita patuhi. Begitu pula pengelolaan asetnya, kita mulai benahi secara perlahan, supaya tata kelola keuangan kita bisa berjalan dengan baik sesuai harapan," jelasnya.

Lebih jauh dikatakan Bustami, sejauh ini pengelolaan anggaran sudah secara transparansi, tidak ada lagi yang bisa ditutup-tutupi. Sehingga, tidak bisa bermain-main dengan anggaran dan tidak ada istilah mau panjar-panjar. 

"Jadi kami juga ini pimpinan dalam hal ini Walikota, sudah  mengintruksikan supaya tata kelola keuangan kita bisa perbaiki. Untuk jenjang WTP itu menjadi harapan kita ke depan,"tutupnya. (daririau)

Kepala BPKAD

Drs. H. Syoffaizal M.Si
Plt. Kepala BPKAD 
Kota Pekanbaru

Informasi SKPD