Beranda
  • header2
  • header
  • header3


Pekanbaru-Semakin berkembangnya pendidikan di Kota Pekanbaru terutama PAUD (pendidikan Anak Usia Dini) merupakan berkah tersendiri untuk menunjang kualitas pendidikan di Kota Pekanbaru terutama usia dini. Dalam hal ini Pemerintah Kota Pekanbaru ikut berpartisipasi memperhatikan perkembangan Pendidikan ini dengan cara mengucurkan BOP (Bantuan Operasional) PAUD sebesar 5,5 Milyar untuk 285 sekolah PAUD yang ada di Kota Pekanbaru.

Plt. Kepala BPKAD Alek Kurniawan, SP, M.Si mengungkapkan bahwa bantuan ini murni bentuk perhatian Pemerintah Kota Pekanbaru untuk membantu operasional Sekolah PAUD yang ada di Kota Pekanbaru.

“Ada 285 PAUD yang dibantu oleh Pemerintah Kota Pekanbaru melalui BPKAD, bantuannya juga berdasarkan rekomendasi Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru dan penyalurannya kita buat bertahap” Ungkap Plt. Kepala BPKAD.

Diketahui, BOP merupakan Bantuan Operasional yang ditujukan kepada penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. BOP merupakan  program  pemerintah  untuk  membantu penyediaan pendanaan biaya operasioal non personalia bagi satuan pendidikan anak usia dini yang diberikan pemerintah kepada anak melalui Satuan  PAUD  atau Lembaga  untuk  mendukung  kegiatan operasional pembelajaran. Petunjuk Teknis (Juknis) penggunaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini tertuang dalam Permendikbud Nomor 2 Tahun 2016.

Tujuan  pemberian  bantuan  BOP PAUD adalah untuk meningkatkan layanan  PAUD  berkualitas  dalam  bentuk  Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, dan Satuan PAUD Sejenis di seluruh Kab/Kota di Indonesia yang diselenggarakan oleh individu, kelompok, yayasan, organisasi maupun pemerintah daerah di satuan PAUD  atau  Lembaga, satuan  pendidikan  PKBM,  SKB,  badan keagamaan,  dan  satuan pendidikan  nonformal  lainnya yang  sudah memiliki Nomor Pokok Satuan PAUD Nasional (NPSN).

“BOP PAUD ini menggunakan DAK (Dana Alokasi Khusus) Non Fisik dan telah disalurkan sejak selasa lalu.” Tambah Alek.

“Ada sekitar 10-15 PAUD setiap harinya menerima bantuan penyaluran BOP PAUD ini dan nantinya kita berharap awal desember selesai penyalurannya” Tutup Plt Kepala BPKAD Kota Pekanbaru. (RF/BPKAD)

 

Kepala BPKAD

Drs. H. Syoffaizal M.Si
Plt. Kepala BPKAD 
Kota Pekanbaru

Informasi SKPD