Beranda
  • header2
  • header
  • header3

Pekanbaru-Pemerintah Kota Pekanbaru kembali mengukir prestasi sebagai kota yang yang mendapatkan anugerah Dana Raksa Tahun 2016. Pemerintah Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Plt. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan, SP, M.Si menerima langsung penghargaan tersebut yang langsung diserahkan oleh Presiden Joko Widodo di Gedung Dhanapala Komplek Kementerian Keuangan RI pada Rabu (7/12/16).

Acara penganugerahan ini dihadiri juga oleh Menteri Koordinator Perekonomian, Menteri Dalam Negeri, Menteri ATR/Kepala Bappenas dan Wakil Menteri Keuangan beserta seluruh pejabat Esselon I dan Esselon II. Alek menjelaskan via telepon on mengungkapkan bahwa ada 6 daerah provinsi dan 29 Kabupaten/Kota se-Indonesia lainnya yang mendapat perhargaan yang sama dan berhak menerima DID (Dana Insentif Daerah) tahun 2017 sebesar 7,5 M.

“Alhamdulillah Kota Pekanbaru dapat penghargaan penetapan APBD tepat waktu serta laporan keuangan WDP sehingga Insyaallah bisa mendapat Dana Insentif Daerah tahun depan sebesar 7,5 M”, jelas Alek.

Menurut Alek, keberhasilan Kota Pekanbaru menerima Anugerah Dana Raksa tidak terlepas dari kinerja jajaran Pemerintah Kota Pekanbaru dan pihak terkait selama ini.

"Tentu saja penghargaan ini tidak datang serta merta, ada kerja keras banyak pihak, selain jajaran eksekutif, peran lembaga legislatif daerah sangat besar, juga para pihak terkait lainnya," ujar Alek via telepon usai menerima Penganugerahan Dana Raksa 2016 di Gedung Dhanapala Komplek Kementerian Keuangan RI pada Rabu (7/12/16).

Penganugerahan Dana Raksa 2016 ini dilihat dari beberapa indikator seperti kinerja kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah, pelayanan dasar publik dan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Alek menjelaskan perlu adanya peningkatan dari Pemerintah Kota Pekanbaru dan harus terus berbenah untuk mendapat penghargaan dana raksa tahun depan. 

“Perlu ditingkatkan untuk dapat anugerah raksa, karena reward dana insentif daerah diinformasi untuk tahun 2018 direncanakan sebesar 80 M”, ungkapnya.

Lebih lanjut Alek mengatakan Pemerintah Kota Pekanbaru akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerah, tidak saja sebagai indikator untuk mendapatkan penghargaan Dana Raksa, tapi juga sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas pemerintah daerah.

"Kedepan kinerja pengelolaan keuangan daerah akan kita tingkatkan terus, bukan semata untuk dapat penghargaan, tapi juga bentuk transparansi dan akuntabilitas kepada masyarakat," Tutup Alek (RF/BPKAD)

Kepala BPKAD

Drs. H. Syoffaizal M.Si
Plt. Kepala BPKAD 
Kota Pekanbaru

Informasi SKPD