Beranda
  • header2
  • header
  • header3



Pekanbaru-Adanya aksi pemadaman PJU sementara oleh PLN, sangat disayangkan oleh Plt. Kepala BPKAD Kota Pekanbaru Alek Kurniawan, SP, M.Si ketika ditemui beberapa media diruangannya kamis sore (29/12).

Alek menjelaskan bahwa PJU berada di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru, kita hanya Pengelola Keuangan jadi silahkan tanyakan lebih jelasnya ke pihak terkait.

“memang benar, pemadaman lampu jalan sebagai konsekuensi terlambatnya pembayaran hutang, sangat merugikan masyarakat dan bisa memancing terjadinya gangguan keamanan bagi pengguna jalan, “ jelas Alek.

"Memang ada tunggakan. Tetapi Pemko pasti lunasi. Kalau dipadamkan apa PLN tidak mempertimbangkan dampaknya kepada masyarakat?," tambah Alek.

Selain itu, Alek juga menanyakan banyaknya PJU yang tidak ada meteran listriknya.

"Kita bertanya juga, Apa betul Rp6,5 miliar hitungan bulanan, Karena ada PJU yang tidak bermeter belum lagi PJU yang tidak hidup-hidup. Apa itu dihitung juga,?" tanyanya.

Sebagai bahan contoh bagi kita yakni Kota Semarang lanjut Alek.

"Kota Semarang yang begitu luas, setiap bulannya hanya membayar Penerangan Jalan Umum (PJU) Rp1,5 Milyar. Nah, mengapa Kota Pekanbaru yang hanya lebih kecil dibandingkan Semarang, kok lebih besar tagihan PJUnya.?" jelasnya.

Alek berharap bisa memaklumi kondisi Pemko yang memang anggarannya sedang terbatas.

"Memang masyarakat dibebankan biaya PJU dan itu masuk ke dalam PAD Pekanbaru. PAD itu merupakan bagian dari sumber APBD, dan mekanisme pencairan dan penganggarannya juga ada. Uang yang terkumpul tidak bisa langsung kita bayarkan," terangnya.

Dengan padamnya PJU ini kondisi jalanan kota Pekanbaru menjadi gelap, sehingga memancing terjadinya tindak kriminalitas di jalan raya. Masyarakat yang pergi atau pulang dari bekerja di malam hari akan merasa was-was dengan kondisi jalanan yang gelap.

"Sangat banyak dampak buruknya. Investor juga akan enggan masuk ke kota Pekanbaru, oleh sebab itu harus segera diselesaikan dengan bijak, Agar masyarakat kembali merasakan pelayanan penerangan jalan," pungkasnya. (RF/BPKAD)

 

Kepala BPKAD

Drs. H. Syoffaizal M.Si
Plt. Kepala BPKAD 
Kota Pekanbaru

Informasi SKPD