Beranda
  • header2
  • header
  • header3

Pekanbaru - Semakin berkembangnya pendidikan di Kota Pekanbaru terutama PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) membuat Pemerintah Kota Pekanbaru terus berupaya dalam memperhatikan perkembangan pendidikan usia dini. Tahun ini Pemerintah Kota Pekanbaru terus berupaya membantu dalam segi moril maupun materi. Seperti di ungkapkan oleh Plt. Kepala BPKAD Melalui Kasubag Keuangan Harianto S.IP, M.M, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui BPKAD siap mengucurkan Bantuan Operasional PAUD (BOP PAUD) sekitar Akhir Triwulan II sebesar 9,6 M untuk 439 PAUD yang tersebar di 12 Kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru.

"Alhamdulillah tahun ini anggaran untuk BOP PAUD naik lebih 70%, dari 5,5 M tahun lalu menjadi 9,6 M lebih. Bantuan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik" Jelas Anto

Anto menjelaskan bahwa BPKAD siap menyalurkan BOP PAUD tersebut sesuai dengan juknis Permendikbud No. 4 Tahun 2017. Seperti yang diketahui, BOP PAUD merupakan merupakan  program pemerintah  untuk  membantu penyediaan pendanaan biaya operasional non personal bagi satuan pendidikan anak usia dini yang diberikan pemerintah kepada anak melalui Satuan PAUD  atau Lembaga  untuk  mendukung  kegiatan operasional pembelajaran. Petunjuk Teknis (Juknis) penggunaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini tertuang dalam Permendikbud Nomor 4 Tahun 2017.

"Kita siap salurkan jika anggarannya turun, diperkirakan akhir triwulan II atau awal triwulan III akan kita salurkan" Papar Anto.

Tujuan  pemberian  bantuan  BOP PAUD adalah untuk meningkatkan layanan  PAUD  berkualitas  dalam  bentuk  Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, dan Satuan PAUD Sejenis di seluruh Kab/Kota di Indonesia yang diselenggarakan oleh individu, kelompok, yayasan, organisasi maupun pemerintah daerah di satuan PAUD  atau  Lembaga, satuan  pendidikan PKBM,  SKB,  badan keagamaan,  dan  satuan pendidikan  nonformal  lainnya yang  sudah memiliki Nomor Pokok Satuan PAUD Nasional (NPSN).

Anto menjelaskan bahwa Pagi tadi (21/03) Pukul 09.00 WIB di Aula Dinas Pendidikan, BPKAD diundang Dinas Pendidikan untuk memaparkan bagaimana tata cara pencairan dan pelaporan laporan pertanggungjawaban BOP PAUD tersebut. (RF/BPKAD)

 

Kepala BPKAD

Drs. H. Syoffaizal M.Si
Plt. Kepala BPKAD 
Kota Pekanbaru

Informasi SKPD