Beranda
  • header2
  • header
  • header3

Pekanbaru - Naiknya anggaran Hibah Bantuan Operasional Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD) merupakan bentuk perhatian khusus Pemerintah Kota Pekanbaru terkait pendidikan usia dini. Seperti di ungkapkan oleh Plt. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah  (BPKAD) melalui Kasubbag Keuangan Harianto S.IP, M.M, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui BPKAD mengucurkan Bantuan Operasional PAUD (BOP PAUD) tahun ini sebesar 9,6 M untuk 439 PAUD yang tersebar di 12 Kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru.

Harianto menjelaskan bahwa kemarin BPKAD telah lakukan sosialisasi perihal BOP PAUD, adapun yang dibahas langsung mengecek kelengkapan administrasi pencairan dan menjelaskan metode pembayaran pajak yang tepat. Pada Dasarnya kita (BPKAD) stimulus Himpunan PAUD perkecamatan untuk menyiapkan lokasi untuk kita lakukan sosialisasi, lalu BPKAD turun untuk menjelaskan metode pencairan agar cepat dan tepat dalam proses pencairan nantinya.

"Alhamdulillah kemarin sosialisasi di Kecamatan Marpoyan Damai ada 25 KB/SPS yang dilaksanakan di SPS Pucuk Rebung Jl. Mandala paginya dan 28 TK di TK Islam Mutiara Jl. Tiram siangnya," Sebut Harianto.

BPKAD akan terus melakukan jemput bola seperti ini untuk menghindari lambat dan kurang tepatnya TK/KB/SPS dalam menyiapkan berkas pencairan dan metode pembayaran pajak yang masih kurang tertib administrasinya seperti tahun sebelumnya.

"Intinya, ini dilakukan agar proses hibah ini cepat dan tepat sehingga Hibah BOP PAUD ini benar-benar bisa berguna bagi yang membutuhkan." Tutup Harianto

Seperti yang diketahui bahwa BOP PAUD merupakan  program pemerintah  untuk  membantu penyediaan pendanaan biaya operasional non personal bagi satuan pendidikan anak usia dini yang diberikan pemerintah kepada anak melalui Satuan PAUD  atau Lembaga  untuk  mendukung  kegiatan operasional pembelajaran yang berasal dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik. 

Tujuan  pemberian  bantuan  BOP PAUD adalah untuk meningkatkan layanan  PAUD  berkualitas  dalam  bentuk  Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, dan Satuan PAUD Sejenis di seluruh Kab/Kota di Indonesia yang diselenggarakan oleh individu, kelompok, yayasan, organisasi maupun pemerintah daerah di satuan PAUD  atau  Lembaga, satuan  pendidikan PKBM,  SKB,  badan keagamaan,  dan  satuan pendidikan  nonformal  lainnya yang  sudah memiliki Nomor Pokok Satuan PAUD Nasional (NPSN). (RF/BPKAD)

Kepala BPKAD

Drs. H. Syoffaizal M.Si
Plt. Kepala BPKAD 
Kota Pekanbaru

Informasi SKPD